Senin, 24 Januari 2011

Pengaruh dan Peranan TI terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas softskill mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika


Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Seiring dengan kemajuan TI di Indonesia, perkembangan dan kebutuhan website meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali instansi, perusahaan, Pemerintahan, hotel maupun usaha personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu kekuatan brand bagi dunia usaha. Website dapat meningkatkan nilai penjualan dan promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren online marketing mengalami tren di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 dan akan terus naik di tahun tahun selanjutnya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.

Apa pengaruh dan peranan TI?



Pengaruh dan Peranan TI

Perkembangan bisnis online tak lepas dari pengaruh dan peranan TI, adapun pengaruh da peranan TI adalah sebagai berikut :
  • Ditemukan dan dibebaskan paten terhadap teknologi internet oleh Tim Berners-Lee. Hal ini mempengaruhi perkembangan bisnis, dimana ada dunia baru dalam bisnis selain dunia bisnis konvensional.
  • Lahirnya teknologi website. Kekuatan baru dalam dunia digital yang mempengaruhi identitas sebuah perusahaan atau organisasi. Bidang marketing terkena dampak yang signifikan selain bidang advertising.
  • Teknologi search engine ikut mempengaruhi bisnis online yang membuat sebuah website sangat berharga sehingga lahirlah apa yang kita kenal dengan Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO).
  • E-Business lahir dari akibat teknologi jaringan internet.
  • Dari E-Business lahirlah E-Commerce.
  • E-Commerce memaksakan perkembangan teknologi pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange).
  • Karena E-Shops dibentuk untuk mendukung kegiatan E-Commerce, maka lahir pula online banking.
  • Blog, menjadi micro blog. Dimanfaatkan sebagai strategi baru dalam menjaring konsumen (pengaruh besar terhadap marketing).
  • Social Network. Inilah yang akhirnya melahirkan istilah Social Network Business (SNB).

Pengaruh dan peranan TI itulah yang kiranya memberikan dampak pada perkembangan bisnis online khususnya di Indonesia.


Sumber

http://perkembanganbisnisonlinediindonesia.blogspot.com/2010/06/perkembangan-bisnis-online-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar